Daftar Tunggu Calon Haji Sumsel Hingga 2014

8 January 2010 | Kategori: Berita

Masjidil Haram di musim haji (Republika)

Masjidil Haram di musim haji (Republika)

PALEMBANG–Daftar tunggu calon haji Sumatra Selatan (Sumsel) sekarang sampai tahun 2014 karena jumlah yang telah mendaftar untuk menunaikan rukun Islam kelima itu cukup banyak.

Jumlah yang telah terdaftar sekarang ini lebih dari 28 ribu orang sementara setiap tahun Sumsel hanya dijatahi pemberangkatan sebanyak 6.500 calon haji, kata Kepala Bidang Haji, Zakat dan Wakaf Kanwil Departemen Agama Sumsel, Drs H Udin Djuhan di Palembang, Rabu.

Menurut dia, cukup banyak calon jemaah Sumsel itu karena provinsi tersebut telah menjadi embarkasi tersendiri sehingga pemberangkatannya langsung dari Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

Jadi dengan adanya kemudahan tersebut maka masyarakat Sumsel banyak yang mendaftarkan diri agar bisa menunaikan rukun Islam kelima ke Tanah Suci mendatang, kata dia. Selain itu, lanjut dia, masalah perekonomian masyarakat mulai membaik sehingga dana yang ada bisa disisihkan untuk biaya berangkat haji.

Ketika ditanya untuk mengantisipasi agar daftar tunggu itu tidak terlalu banyak, ia mengatakan, pihaknya pernah mengusulkan kepada Departemen Agama Pusat agar ada penambahan kouta haji. Pihaknya telah mengusulkan penambahan jatah pemberangkatan calon haji, tetapi hingga sekarang belum ada realisasinya, ujar dia lagi.

Lebih lanjut dia mengatakan, memang masalah pemberangkatan haji tersebut bukan di Sumsel saja, tetapi juga daerah lain seperti Sulawesi Selatan (Sulsel) yang daftar tunggunya juga cukup banyak.

Berdasarkan data jumlah calon haji di Sumsel yang sudah mendaftar terbesar dari Kota Palembang 14.838 orang, kemudian Kabupaten Ogan Ilir (OKI) tercatat 1.665, Ogan Komering Ulu (OKU) ada 1.357, Prabumulih 1.177, Musi Banyuasin (Muba) sebanyak 1.124, Muara Enim 1.096 dan Lubuklinggau 1.047.

Sementara kabupaten yang ada di Sumsel lainnya seperti Lahat tercatat 872 orang, Musi Rawas (Mura) 771 dan selebihnya rata-rata lima hingga enam ratus calon haji.

Jumlah tersebut terus meningkat karena data itu didapat setelah usai pemulangan jemaah haji dari embarkasi Palembang pada 1 Januari 2010, tambah dia. Ant/yto