Daftar Tunggu Haji di Denpasar Tujuh Tahun

3 November 2009 | Kategori: Berita

DENPASAR– Kepala Kantor Departemen Agama Kota Denpasar I Gusti Nyoman Mangku, mengungkapkan  hingga saat ini masih ada sebanyak 747 orang yang masuk  waiting list atau daftar tunggu. Dengan alokasi jamaah per tahun sekitar 100, calon haji di Denpasar harus sabar menunggu.

“Mereka yang berangkat tahun ini sudah mendaftar pada tahun 2004- 2007,” kata Gusti Mangku. Rata-rata per tahunnya untuk Kota Denpasar memberangkatkan sekitar 100 orang. Untuk itu bagi yang dalam daftar tunggu, para calon jemaah haji harus sabar menunggu berangkat sekitar tujuh tahun.

Ia mengatakan, dari 112 orang yang berangkat tahun 2009 ini usia termuda 21 tahun dan tertua 77 tahun. Jemaah calon haji tersebut akan berangkat ke Surabaya pada Senin (16/11) dengan menggunakan transportasi darat.
Para jemaah calon haji dari Denpasar akan berada di kloter 80 dan berada di Saudi Arabia selama 38 hari.

Sebelumnya jemaah calon haji ini diberikan pembinaan dan pemeriksaan kesehatan serta bimbingan manasik haji selama 16 kali pertemuan.  “Bali berada pada zona dua dengan biaya perjalanan ibadah haji untuk tahun ini sebesar Rp36 juta,” kata Gusti Mangku.

Pelepasan jamaah haji, Selasa (3/11) dilakukan Sekretaris Kota Denpasar Anak Agung Rai Iswara mewakili Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra. Wali Kota Denpasar dalam sambutan yang dibacakan Sekretaris Kota Denpasar Anak Agung Rai Iswara mengharapkan agar selama mengikuti perjalanan ke tanah suci Mekah Arab Saudi, jamaah calon haji tetap menjaga kesehatan dan kebersamaan.

Selain itu  jamaah diharapkan mempergunakan kesempatan emas ini dengan sebaik-baiknya. ”” Untuk itu jemaah calon haji harus berkonsentrasi selama menjalankan ibadah haji serta mengikuti peraturan yang telah ditetapkan oleh panitia,”” kata Walikota.

Wali kota mengatakan, permasalahan dan kesulitan yang dihadapi selama menunaikan ibadah haji agar dapat diselesaikan secara bersama.  “Tingkatkan rasa solidaritas dan kesetiakawanan sehingga di antara peserta jemaah calon haji dapat secara bersama-sama melaksanakan misi ibadah,” katanya. ant/tar