Embarkasi Solo Dilegkapi Thermoscan

26 October 2009 | Kategori: Berita

SOLO–Mulai tahun ini Embarkasi Adisumarmo Solo melengkapi fasilitas bagi jamaah untuk mengetahui suhu badan bernama thermoscan, berupa camera yang dilengkapi infra red dan mampu memberikan laporan suhu badan seseorang yang melewati.

Keberadaan alat ini tidak terlepas dari upaya antisipasi PPIH Embarkasi Solo terkait dengan merebaknya virus H1N1 atau yang lebih dikenal dengan flu babi. Langkah ini diperlukan, mengingat virus ini sangat mudah menular dan mematikan dan sampai sekarang belum ditemukan obatnya.

Mengenai cara kerja peralatan yang diletakkan di gedung Muzdalifah tempat persiapan menjelang keberangkatan jamaah calon haji ini terlebih dahulu dioperasikan 1 jam sebelum jamaah memasuki gedung, untuk mengukur suhu ruangan, sebagai pedoman perbandingan suhu badan jamaah. Adapun suhu badan seseorang yang dianggap cukup berpotensi terhadap serangan virus jika mencapai 38 derajat.

Hasil rekaman thermoscan ini diberikan kepada Dokter kloter (TKHI) sebagai catatan untuk memberikan pengawasan ekstra ketika jamaah berada ditanah suci agar dapat dilakukan pencegahan dini sekaligus untuk melakukan tindakan medis bagi jamaah jika positif mengidap virus mematikan ini.mch/yto