Imigrasi Palu Layani Permintaan Paspor Haji

2 July 2012 | Kategori: Berita

Paspor haji. Foto: Republika/Yogi Ardhi.

REPUBLIKA.CO.ID, PALU – Kantor Imigrasi Palu, Sulawesi Tengah, kini mulai melayani permintaan pembuatan paspor untuk calon jamaah haji 2012.

“Setiap harinya kami melayani masyarakat yang datang membuat paspor, termasuk para calon jamaah haji (CJH) dari berbagai daerah di Sulteng,” kata Kepala Kantor Imigrasi Palu Arman Andrya, Ahad (1/7).

Ia mengatakan pelayanan pembuatan paspor CJH sama dengan paspor biasa. Prosesnya sama, harus memenuhi semua persyaratan administrasi.

Persyaratan itu meliputi Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, Ijazah dan Akta Nikah. “Sepanjang semua persyaratan telah dilengkapi, petugas imigrasi langsung memprosesnya,” ujarnya.

Pembuatan paspor diupayakan bisa selesai dalam waktu empat hari. Berdasarkan data dari Kantor Kementerian Agama Sulteng, jumlah CJH yang masuk daftar untuk pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Palu sebanyak 1.748 orang tersebar di 10 Kabupaten dan Kota Palu.

Kota Palu paling banyak yakni mencapai 612 orang CJH, Donggala (230) CJH, Banggai (224) CJH, Parigi Muotong (201) CJH, Poso (160) CJH, Tolitoli (108) CJH, Morowali (89) CJH, Banggai Kepulauan (44) CJH, Tojo Una-Una (40) CJH dan Buol (44) CJH.

Sementara jumlah paspor yang sudah selesai dan telah diterbitkan terhitung sampai dengan 29 Juni 2012 sebanyak 1.005 paspor.

Redaktur: Chairul Akhmad
Sumber: Antara