Jamaah di Bakhutmah Dapat Layanan Bus ke Masjidil Haram

27 October 2011 | Kategori: Berita

Bus milik Saudi Arabian Publik Transportasi Company (Saptco) mengangklut jamaah haji Indonesia. (Antara)

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH – Sejak Rabu (26/10), suasana sedikit berubah di wilayah Bakhutmah, pusat pemukiman para jamaah haji asal Indonesia. Para jamaah di sana sudah mendapat layanan angkutan umum ke Masjidil Haram. Layanan tersebut diberikan oleh armada bus milik pemerintah Arab Saudi: Saptco.

Adanya layanan angkutan ini karena ada perintah dari Menteri Agama Suryadharma Ali setelah ia membaca berita adanya jamaah yang pergi ke Masjidil Haram memakai mobil bak terbuka. Beberapa jamaah mengakui banyak temannya yang jatuh. Bahkan, ada terjatuh hingga patah tangannya.

Beberapa hari sebelumnya para jamaah yang tinggal di sini ribut mengeluhkan langkanya angkutan untuk ke Masjidil Haram. Banyak di antara para jamaah yang nekad naik mobil angkutan bak terbuka dengan sewa dua real.

‘’Alhamdulillah kini bus sudah tersedia. Jamaah yang di Bakhutmah bisa pergi ke Masjidil Haram dengan naik angkutan itu. Sebab, naik angkutan bak terbuka itu berbahaya,’’ kata Suryadharma Ali, ketika meninjau lokasi pemondokan yang ada di Bakhutmah, Kamis (27/10), seperti dilaporkan wartawan Republika Muhammad Subarkah dari Tanah Suci.

‘’Ada perbaikan, terutama setelah ada peninjauan menteri agama di lapangan. Bus pengangkut jamaah sudah terlihat. Ini beda dengan beberapa hari sebelumnya di mana jamaah banyak yang memaksa diri naik ke angkutan bak terbuka,’’ kata Naib Amirul Haj, Abdul Mu’ti.

Redaktur: Johar Arief