Jamaah Haji Mulai Pulang ke Tanah Air

22 November 2010 | Kategori: Berita

Jemaah haji Indonesia yang akan pulang ke tanah air memadati bandara King Abdul Aziz, Jeddah (mch)

JEDDAH–Mulai kemarin, jamaah haji Indonesia meninggalkan Tanah Suci. Pada hari pertama, tercatat lima kloter yang bertolak ke Tanah Air. Selanjutnya secara bertahap jamaah lainnya menyusul lima kloter tersebut dan menjalani transit di Jeddah selama 24 jam.

Lima kloter awal yang pulang adalah kloter 1 BDJ (Kalsel),kloter 1 UPG (Sulsel), kloter 1 MES (Sumut), kloter 1 BTJ (NAD) dan kloter 2 UPG (Sulsel). Lima kloter pertama tidak transit di Jeddah lantaran harus dipulangkan ke Tanah Air lebih awal satu hari jadwal. Hal ini terjadi karena maskapai Garuda Indonesia kesulitan mendapat slot time di Bandara King Abdul Azis menyusul penambahan kuota 10.000 jamaah.

Sesuai data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama, keterlambatan paling lama dialami oleh kloter 1 MES yang mencapai 08.45 menit. “Kalau masuk ke gate alhamdullillah mulus tak ada keterlambatan,” ujar Kepala Daker Jeddah Ahda Barori kemarin.

Menurut Ahda, seperti pada tahun-tahun sebelumnya delay pesawat kerap kali tak terhindarkan. Hal ini terjadi karena jadwal pemulangan di Terminal Haji King Abdul Azis sangat padat. Namun demikian,pihaknya sudah melakukan beberapa langkah antisipatif menghadapi ancaman delay tersebut. “Salah satunya kami meminta pihak hotel menyediakan akomodasi cadangan,” ujar Ahda, kemarin.

Sementara itu, pihaknya juga sudah menyediakan delapan hotel untuk transit di Jeddah. Hotel itu adalah Adawa Romansia,Majlis Al Khalij, Madinah Palace, Norcom Oasis,Al Mahmal,Golden Tulip,Al Tayyar,dan Nabari. Selain layanan akomodasi dan penginapan, pihaknya juga akan mengajak para jamaah mengikuti wisata (city tour) selama di Jeddah. Wisata ini tak dipungut biaya sama sekali termasuk transportasi.

Hari ini, tercatat ada 12 kloter yang bertolak ke Tanah Air. Kloter tersebut adalah MES 2, JKG 1, SUB 1, SOC 1, UPG 3, PLM 1, BTJ 2, BTH 1, SOC 2, SUB 2, PDG 1, dan JKS 1. Kloter terakhir, JKS 1 akan bertolak ke Tanah Air pukul 22.25 dan dijadwalkan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pukul 14.00 WIB.

Sementara itu, Senin (22/11) besok, direncanakan ada 15 penerbangan jamaah haji yang akan bertolak ke Tanah Air dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah. mch /Riyanto