Kapasitas Masjid Nabawi Diperluas

25 September 2012 | Kategori: Berita

Masjid Nabawi (Republika)

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH–Penjaga dua masjid suci, Raja Abdullah meletakan batu pertama perluasan Masjid Nabawi, Senin (24/5) kemarin. Perluasan ini meningkatkan kapasitas masjid menjadi dua juta jamaah. Proyek perluasan ini akan dilakukan dalam tiga tahap.

Tahap pertama akan meningkatkan kapasitasnya untuk lebih dari 800.000 jamaah sedangkan tahap kedua memberikan ruang untuk lebih dari satu juta jamaah. Tahap ketiga, tepatnya pada tahun 2040, masjid Nabawi memiliki kapasitas 2 juta jamaah.

Guna mendukung perluasan itu, sejumlah hotel dan bangunan lain yang berada dekat masjid akan dibongkar. Pihak kerajaan memberikan kompensasi sebesar 25 miliar riyal. Selanjutnya akan dibangun 21 hotel baru setelah perluasan itu. Gubernur Madinah, Pangeran Abdul Aziz bin Majeed mengatakan  selain perluasan, raja juga meminta dibangunnya fasilitas kesehatan, proyek-proyek pendidikan dan sosial.

“Raja ingin memastikan, seluruh rakyatnya sejahtera,” kata dia, seperti dikutip arabnews.com, Selasa (25/9).Presiden Taibah University, Adnan Al-Mazroue mengatakan pihakya menyambut baik niat raja untuk melaksanakan proyek pembangunan di Madinah.

Editor: Hafidz Muftisany

Reporter: Agung Sasongko