Kelebihan Berat, Garuda Tahan Tas Jinjingan Jamaah

21 December 2010 | Kategori: Berita

MAKKAH–Tas jinjingan milik sebagian besar Jamaah Haji yang tergabung dalam kloter 40 masih tertahan di Bandara Internasional King Abdul Azis Jeddah.

“Kami sangat mengeluhkan penahanan tas yang dilakukan oleh petugas Garuda Indonesia dengan alasan tas jinjingan yang kami bawa melebihi kapasitas berat,” ungkap salah seorang petugas kesehatan Haji, Marlina, di Makassar, Senin.

Ia mengatakan, Jamaah Haji mengaku sangat bingung, mengingat tas jinjingan yang dibawa tersebut merupakan tas yang memang diberikan dan tertera logo Garuda Indonesia.

Menurutnya, yang membuat Jamaah Haji bertambah kesal adalah karena tindakan petugas Garuda Indonesia tersebut tidak pernah dilakukan bagi Jamaah Haji dari kloter lain.

“Bahkan, yang membuat saya semakin marah adalah tindakan kasar dari petugas Garuda Indonesia yang langsung menariak tas yang sedang saya pegang,” keluhnya.

Ia mengaku, di dalam tas jinjingan yang dibawanya tersebut terdapat pakaian Irham dan beberapa lembar pakaian kerja yang akan digunakan untuk bekerja menjadi tenaga kesehatan.

Menurut dia, Jamaah Haji masih bisa memaklumi jika petugas melarang membawa barang bawaan milik Haji selain tas yang telah diberikan oleh maskapai penerbangan tersebut.

“Banyaknya tas jinjingan yang ditahan tersebut membuat dua orang Haji mengalami shock karena kaget setelah mengetahui tas jinjingannya tidak dapat dibawa pulang,” terangnya.

Pihak Garuda Indonesia sendiri, kata dia, sudah berjanji akan mengembalikan tas milik Jamaah Haji tersebut dengan menggunakan pesawat yang mengangkut Jamaah Haji kloter 42, 43 dan 44.

antara/taufik rachman