Kepulangan Jamaah Aceh Molor Lima Jam

2 November 2012 | Kategori: Berita

BANDA ACEH — Tingginya lalu-lintas pesawat di Bandara King Abdul Aziz, Arab Saudi, membuat jadwal kepulangan jamaah haji Indonesia molor dari jadwal. Seperti yang terjadi dalam kepulangan jamaah haji asal Aceh yang tergabung dalam kelompok terbang dua ke Tanah Air.

Kedatangan mereka diperkirakan molor sekitar lima jam setengah dari jadwal tiba Kamis pukul 20.30 WIB. “Molornya waktu ketibaan jamaah haji di Tanah Air akibat kepadatan lalu lintas pesawat di Bandara King Abdul Aziz, Arab Saudi,” kata Koordinator Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Banda Aceh Darwin di Banda Aceh, Kamis.

Dijelaskannya, jamaah haji asal Aceh Utara tersebut awalnya dijadwalkan akan mendarat di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar pada pukul 20.30 WIB, namun karena kepadatan di bandara Arab Saudi akan tiba Jumat sekitar pukul 01.08 WIB.

Darwin tidak bisa memastikan kloter selanjutnya akan tiba tepat waktu atau molor dari waktu yang telah dijadwakan sebelumnya.

“Kami tidak bisa memastikan jadwal kepulangan apa lebih cepat atau telat sebab sesuai dengan jatah pemberangkatan saat berada di bandara di Tanah Suci,” katanya.

Ia mengatakan, sebanyak 325 jamaah haji asal kota Banda Aceh yang tergabung dalam kloter pertama telah tiba kembali ke Tanah Air pada pukul 19.54 WIB, Rabu malam pada hari pemulangan jamaah haji asal provinsi ujung paling barat Indoneseia itu.

Pada musim haji 2012, Provinsi Aceh memberangkatkan sebanyak 3.927 jamaah yang tergabung dalam 12 kelompok terbang melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar menuju Arab Saudi.

Seluruh jamaah haji asal provinsi ujung paling barat Indonesia tersebut diberangkat melalui Bandara SIM Blang Bintang Aceh Besar dengan menggunakan maskapai penerbangan Garuda Indonesia.