Kerajaan Arab Saudi Pangkas Kuota Haji 2013

13 June 2013 | Kategori: Berita

JAKARTA — Pemerintah Kerajaan Arab Saudi akan memangkas kuota jamaah haji 2013. Langkah ini menyusul penyempitan lokasi dampak megaproyek perluasan Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Ditemui di ruang kerjanya, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Musthafa bin Ibrahim al-Mubarak, kepada Republika akhir pekan lalu, secara eksklusif menyebutkan pengurangan kuota tersebut berlaku untuk semua negara. Tak terkecuali Indonesia.

“Pembatasan bersifat umum,” katanya.

Pelayan Dua Tanah Suci berdalih, ungkap Musthafa, kebijakan tersebut diambil untuk memberikan kenyamanan beribadah bagi jamaah. Ini menyusul penyempitan lahan akibat proyek perluasan  di kawasan kedua masjid suci tersebut.  Dengan target, bila proyek tersebut kelar akan mampu menampung lebih banyak lagi jamaah.

Pembatasan ini, menurut Musthafa, juga berlaku untuk kuota jamaah umrah. Pihaknya belum bisa memastikan hingga kapan kebijakan ini akan diberlakukan sementara waktu. Tetapi, proyek perluasan diperkirakan akan menelan waktu tiga tahun mulai 2012. Ia meminta rakyat Indonesia memahami keputusan ini.

“Saya harap saudara Muslim mengerti kebijakan ini,” ujarnya.

Rep: Nasih Nasrullah