Kloter Pertama Haji Jabar Berangkat 21 September

24 July 2012 | Kategori: Berita

Pesawat Garuda siap menerbangkan calon haji. Foto: Antara.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Pemberangkatan kelompok terbang (kloter) pertama calon jamaah haji (calhaj) asal Jawa Barat rencananya pada 21 September 2012.

“Pemberangkatan kloter pertama calhaj Jabar pada 21 September 2012, ditargetkan pembuatan paspor para calon haji bisa tuntas akhir Juli 2012,” kata Kepala Seksi Pemberangkatan dan Sarana Haji Kantor Agama Jawa Barat, Azam Mustazam, di Bandung, Selasa (24/7).

Menurut Azam, pembuatan paspor dilakukan oleh setiap calon haji di Kantor Imigrasi (Kanim) di wilayah masing-masing. Di Jawa Barat dilayani di delapan Kanim yang menyediakan loket khusus untuk pembuatan paspor jamaah haji.

“Hingga Selasa (24/7), jumlah calon haji yang sudah menyelesaikan pembuatan paspornya sebanyak 23.000 orang. Sisanya masih belum ada laporan, mungkin masih dalam proses,” katanya.

Sementara itu, kuota haji Jawa Barat pada musim haji 2012 sebanyak 37.366 orang yang tersebar di 26 kabupaten/kota di Jawa Barat. Menurut Azam, batas waktu penyerahan paspor itu diharapkan bisa seluruhnya pada akhir Juli, sehingga proses pemberkasan untuk visa haji bisa lancar. Terutama bagi jamaah haji yang akan berangkat dalam kloter-kloter awal.

“Penyelesaian paspor terus kami pantau, terutama untuk mereka yang akan berangkat di kloter awal. Jangan sampai menggantung,” kata dia.

Pada kesempatan itu, Azam mengimbau kepada calon jamaah haji Jabar yang belum melakukan pengurusan paspor untuk secepatnya menyelesaikan masalah paspor agar proses pemberkasan lebih leluasa, terutama bila ada kekurangan dalam dokumen untuk visa.

Ia berharap, para calon haji yang belum membuat paspor untuk tidak menunda-nunda di akhir masa penyerahan paspor karena hal itu cukup berisiko. “Lebih baik menyelesaikan persyaratan lebih awal. Kemudahan pembuatan paspor saat ini jauh lebih memungkinkan bisa lebih cepat. Termasuk para calon haji tahun-tahun berikutnya juga supaya melengkapi paspor sejak sekarang,” tandasnya.

Redaktur: Chairul Akhmad
Sumber: Antara