Kloter Pertama Haji Jabar Mulai Masuk Asrama

22 October 2009 | Kategori: Berita

Asrama Haji Embarkasi Jakarta-Bekasi

Asrama Haji Embarkasi Jakarta-Bekasi

BEKASI–Sebanyak dua kelompok terbang (kloter) calon haji asal Jawa Barat (Jabar) mulai memasuki Asrama Embarkasi Haji Jakarta-Bekasi di Jalan Kemakmuran, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Kamis (22/10). “Hari ini sebanyak 900 calon haji kloter pertama dan kedua mulai memasuki asrama untuk persiapan pemberangkatan ke Tanah Suci Mekah. Masing-masing kloter berjumlah 450 orang,” kata petugas penerima tamu Embarkasi Jakarta-Bekasi Mashudah di Bekasi.

Menurut dia, kloter dari Bogor tiba pukul 11:00 WIB, sementara dari Depok tiba di asrama pukul 13:00 WIB. “Jamaah yang tiba dari daerah asalnya akan diterima oleh petugas panitia pemberangkatan ibadah haji (PPIH) dan langsung diberi pengarahan di ruang Arofah,” katanya.

Setelah itu, kata dia, calon haji akan mengikuti cek kesehatan oleh dokter dari Dinas Kesehatan setempat terkait kesiapan fisik mereka. “Bagi mereka yang lulus cek kesehatan, akan diberikan kartu akomodasi yang fungsinya untuk memperoleh jatah konsumsi dan ruang inap,” ujarnya.

Mashudah menambahkan pemberangkatan kloter pertama menuju Bandara Soekarno Hatta, Jakarta akan dimulai pada Jumat (23/10) mulai pukul 10:00 WIB, sementara kloter dua pukul 12:00 WIB. “Proses pelepasan secara simbolis akan dilakukan Kepala Kantor Departemen Agama Wilayah Jawa Barat,” katanya.

Total calon haji asal Jawa Barat tahun ini berjumlah 37.123 orang. Mereka berasal dari Bekasi, Karawang, Purwakarta, Bogor, Depok, dan Sukabumi. “Berdasarkan data yang masuk ke kami, jumlah calon haji yang berangkat tahun ini seharusnya 37.459 orang. Namun sebanyak 336 orang batal berangkat akibat sakit, dan usia terlalu tua,” katanya. ant/taq