Kuota Haji DIY Empat Tahun Mendatang Penuh

12 August 2010 | Kategori: Berita

Calon jamaah haji siap menaiki pesawat (Republika)

YOGYAKARTA–Kuota jamaah haji Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta untuk empat tahun mendatang sudah penuh, kata Kepala Seksi penyuluhan Haji dan Umroh Kantor wilayah Kementerian Agama provinsi ini, Aidi Johansyah.  “Kuota jamaah haji untuk Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk 2011 hingga 2014 sudah terisi penuh,” katanya di Yogyakarta, Rabu.

Ia mengatakan berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia No. 53 tahun 2010 tentang Penetapan Kuota Haji, Provinsi DIY mendapat kuota sebanyak 3.091 calon haji yang terdiri atas 3.068 jamaah haji dan 23 petugas pendamping haji daerah. “Dari jumlah tersebut Kabupaten Sleman mendapat alokasi terbesar dengan 1.200 calon haji, sedangkan Kabupaten Kulon Progo mendapat porsi terkecil dengan 248 caloh jamaah haji,” katanya.

Menurut dia animo pendaftar haji di DIY tergolong tinggi, untuk tahun 2010 saja ada 15.203 calon jamaah yang masuk daftar tunggu. “Jika dalam batas waktu pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) ada calon jamaah yang tidak melunasi, maka calon jamaah tersebut akan digantikan dengan calon haji daftar tunggu sesuai dengan nomor urut masing-masing,” katanya.

Bahkan menurut Aidi untuk musim haji tahun 2015 sudah hampir terisi penuh dan hanya tersisa kuota untuk 137 calon jamaah haji. Antara/Riyanto