Lembaga Meteorologi Saudi: Cuaca Baik Selama Musim Haji

31 October 2011 | Kategori: Berita

Jamaah berkumpul menuju Padang Arafah untuk melaksanakan Wukuf yang merupakan puncak haji. (Antara)

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH – Lembaga Meteorologi dan Perlindungan Lingkungan Arab Saudi (PME), Ahad (30/10), menyatakan cuaca selama musim haji saat ini diperkirakan akan baik-baik saja. Indikasi akan terjadinya hujan deras pun belum terlihat.

“Tidak ada indikasi cuaca buruk mengancam musim haji. Langit akan tetap cerah kecuali  berawan pada tiga hari terakhir. Hal ini juga dapat disertai dengan gerimis ringan di ketinggian di Taif dan sebagian tempat-tempat suci, ” kata Asisten Kepala PME Saad Muhallafi, seperti dikutip Arab News.

Dia menambahkan bahwa suhu di tempat-tempat suci selama haji diperkirakan  tertinggi  38 derajat Celcius dan terendah 21 derajat Celcius. “Peringatan pada setiap perkembangan cuaca yang tak terduga akan diterbitkan 48 jam sebelumnya,” kata Muhallafi.

PME telah  membuka 40 pos observasi untuk mencatat faktor-faktor atmosfer yang bisa membantu akurasi peramalan cuaca selama musim haji.  Sistem monitoring otomatis mencakup Makkah, termasuk Masjidil Haram, Mina, Arafah, Makkah-Jeddah Expressway, Madinah dan Taif.

Puncak haji akan jatuh pada Sabtu 5 November yang ditandai wukuf di Arafah. Saat ini jamaah haji reguler Indonesia telah terkonsentrasi di Makkah.

Reporter: Muhammad Subarkah
Redaktur: Johar Arief