Pemberangkatan Kloter Pertama Jamaah Haji Reguler Dimajukan

6 September 2010 | Kategori: Berita

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Maskapai penerbangan Garuda Indonesia (GI) memajukan jadwal pemberangkatan jamaah haji reguler 2010 di empat embarkasi. Keempat embarkasi tersebut yaitu Embarkasi Banda Aceh, Medan, Banjarmasin, dan Ujung Pandang.

Menurut Kepala Komunikasi GI, Pujobroto, berdasarkan jadwal semula, kloter pertama akan mulai diberangkatkan pada tanggal 12 Oktober 2010 tetapi diajukan ke tanggal 11 Oktober. ”Penyesuaian jadwal telah dilakukan sehingga tidak terlalu berpengaruh,” ujar dia kepada Republika di sela-sela silaturahmi dan buka bersama dengan wartawan, Jakarta, Sabtu (4/9)

Pujobroto menjelaskan, perubahan jadwal ini menyusul keberadaan tambahan kuota haji reguler sebesar 3500 jemaah. Dari tambahan kuota itu, GI mendapat jatah sebesar 2400 jemaah. Dan, keempat embarkasi tersebut memperoleh tambahan kuota haji reguler lebih banyak karena daftar antrian calon haji di masing-masing embarkasi itu panjang.

Terkait kesanggupan memberangkatkan jamaah haji khusus, Pujobroto menambahkan GI mengaku siap mengakomodir pemberangkatan jamaah. Namun demikian, GI tidak bisa memastikan angka pasti berapa jamaah haji khusus yang menggunakan jasa GI. ”Kalau haji khusus kan bebas memilih maskapai mana yang mereka suka,” jelas dia. Nashih Nashrullah, Siwi Tri Puji B /Yanto