Petugas Sisir Jamaah di Bandara

13 November 2010 | Kategori: Berita

Kendaraan siap mengangkut jamaah dari Bandara KAA ke Makkah (mch)

JEDDAH– Masa wukuf yang kian dekat membuat Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi memantau ketat pergerakan jamaah haji Indonesia. Untuk memastikan seluruh jamaah sudah masuk ke Mekkah, kemarin, tim dari PPIH melakukan pengecekan akhir di bandara. “Saya sendiri juga akan turun untuk memastikan tidak ada lagi jamaah kita yang tertinggal,” ujar Wakil Ketua PPIH Arab Saudi Subhan Chalid, kemarin.

Seperti diketahui, pemerintah Arab Saudi menentukan bahwa closing date atau batas akhir kedatangan jamaah haji di Bandara King Abdul Azis Jeddah adalah pada Rabu (10/11) pukul 24.00. Meski demikian, sejumlah jamaah haji asal Indonesia yang diberangkatkan penyelenggara ibadah haji khusus (PIHK) ada yang masuk pada sehari kemudian.

Jamaah khusus ini tetap bisa masuk ke bandara karena mereka naik pesawat Saudi Arabian Airlines. Sementara closing date diberlakukan kepada jamaah haji yang menumpang di luar maskapai Arab Saudi tersebut.

Subhan mengaku belum mendapatkan informasi lengkap soal kedatangan kloter akhir jamaah haji khusus ini. Dia berharap kedatangan jamaah tidak menemui kendala berarti. “Untuk kita akan sisir sampai benar-benar semua sudah bertolak ke Mekkah termasuk petugas hajinya,” jelas mantan Kepala Daker Jeddah musim haji 2009 tersebut.

Sementara itu, seluruh petugas Daker Jeddah Kamis (11/11) malam sudah seluruhnya diberangkatkan ke Mekkah. Sekitar 2.000 petugas baik dari Kementerian Agama maupun Kementerian Kesehatan tersebut nantinya akan bertanggung jawab dalam operasional jamaah haji Indonesia di Arafah. “Setelah prosesi Armina, petugas akan cepat kembali ke Jeddah untuk mempersiapkan pemulangan,” terang Kepala Daker Jeddah Ahda Barori.
mch /Riyanto