Praktis, Membayar Dam Melalui bank Ar Rajhi

21 November 2010 | Kategori: Berita


MAKKAH–Pembayaran dam kini kian lebih praktis. Bank Ar Rajhi, bank syariah terbesar di jazirah Arab kini memberikan layanan khusus pembayaran dam. Dengan layanan ini, jamaah tak lagi repot-repot membawa segepok uang untuk membeli kambing, domba, sapi ataupun unta karena cukup melakukan transaksi perbankan.

Untuk pembayaran dam, Ar Rajhi mematok besaran 410 riyal. Angka tersebut sudah termasuk biaya penyembelihan, distribusi, pendinginan dan transportasi.

“Sebenarnya lebih tinggi lewat calo-calo dam yang ada, namun ini lebih akuntabel dan transparan. Saya lebih yakin saja karena ada biaya distribusi daging dan sebagainya,” kata Nurhadi, salah jamaah asal Bekasi, Jawa Barat.

Untuk melayani pembayaran dam ini, Bank Ar Rajhi membuka beberapa outlet selain di kantor bank. Outlet khusus tersebut antara lain di kawasan Mina. Dalam operasionalnya, Ar Rajhi bekerja sama dengan The Saudi Project for Utilization of Hajj Meat di bawah pengelolaan Islamic Development Bank (IDB).

Meski ada layanan yang lebih praktis, tetap saja banyak jamaah yang membayar dam dengan datang langsung ke tempat penyembelihan hewan. Seperti yang dilakukan Isnawati, jamaah asal Embarkasi Ujungpandang (UPG). Dia bersama rombongan satu kloternya mendatangi pusat pemotongan hewan di Halaqah, Kakiah, Mekkah, Kamis (18/11). “Lebih mantap dan yakin saja, sekalian untuk jalan-jalan di sela ibadah,” akunya.

mch/taufik rachman