Ciri Khas Bandara Arab Saudi

11 July 2012 | Kategori: Pernik

Terminal Haji Bandara King Abdul Azis di Jeddah, Arab Saudi. Foto: http://kids.britannica.com.

REPUBLIKA.CO.ID – Arab Saudi memiliki sejumlah bandar udara internasional dan regional modern yang menghubungkan kerajaan dengan dunia internasional melalui sejumlah pesawat modern dan besar.

Bandara Internasional di Arab Saudi adalah King Fahd International Airport (Bandara Internasional King Fahd) Dammam dan King Abdul Aziz International Airport (Bandara Internasional King Abdul Aziz) di Jeddah.

Bandara King Abdul Aziz adalah salah satu bandara tersibuk di dunia, terlebih pada musim haji. Bandara haji adalah Bandara Internasional Raja Abdul Aziz di Jeddah dan Bandara Amir Mohammad bin Abdul Aziz di Madinah.

Pada musim haji, biasanya bandara dipercantik dengan hiasan warna-warni untuk memudahkan jamaah mengenali lokasi tempat berkumpul mereka sesuai asal negara masing-masing.

Terminal Bandara King Abdul Aziz terbagi kepada Terminal Internasional, Terminal Domestik, dan Terminal Khusus Haji. Terminal Khusus Haji inilah yang menjadi ciri khas bandara di Arab Saudi yang tidak dimiliki oleh bandara manapun di dunia.

Penerbangan haji harus merapat ke Terminal Haji. Terminal ini tidak buka sepanjang masa, hanya pada musim haji.

Terminal Internasional melayani semua orang yang datang tidak dengan visa haji, termasuk tenaga ahli dari Eropa yang mungkin juga nonmuslim dan jemaah haji yang menggunakan visa kun­jungan biasa (bukan visa haji).

Terminal domestiknya hanya melayani penerbangan domestik. yaitu penerbangan dari King Khalid International Airport (Bandara Internasional King Khalid) di Riyadh, dan Prince Mohammad bin Abdul Aziz Airport (Bandara Amir Mo­hammad bin Abdul Aziz) di Madinah.

Redaktur: Chairul Akhmad
Reporter: Hannan Putra