Informasi Hotel dan Penginapan di Arab Saudi

11 July 2012 | Kategori: Pernik

Riyadh Inter-Continental Hotel dengan lapangan golfnya. Foto: panoramio.com.

REPUBLIKA.CO.ID – Makkah dan Madinah termasuk salah satu kota dengan jumlah hotel terbanyak di dunia. Dari yang mulai sederhana hingga hotel berbintang bertaraf internasional, ada di Arab Saudi.

Namun untuk saat ini, mencari hotel dan penginapan yang dekat dengan kawasan Masjidil Haram lumayan susah. Hal itu terkait dengan program penerintah Arab Saudi untuk membangun hotel-hotel mega proyek di sekitar Masjidil Haram.

Khusus untuk menyambut jamaah haji, pemerintah Arab Saudi sudah mengatur pemondokan jamaah haji (maktab). Sementara untuk jamaah yang datang umrah, setidaknya ada sembilan hotel bertaraf internasional di Riyadh, termasuk di antaranya Riyadh Inter-Continental Hotel di jantung Kota Riyadh. Jaraknya, 30 menit dari bandara.

Hotel tersebut juga dilengkapi dengan lapangan golf. Sesuatu yang jarang ditemui di daerah padang pasir. Selain itu juga ada Al-Faisaliah Hotel yang merupakan bagian dari Kompleks Al-Faisaliah (hotel, apartemen, perkantoran, pertokoan, dan bank).

Hotel di Jeddah, di antaranya Sofitel Jeddah Al-Hamra, terletak dekat kompleks diplomatik, serta Radisson Sas Hotel, sekitar 15 menit dari bandara internasional.

Peringkat dan jasa pelayanan hotel
Jasa pelayanan di hotel dikenakan 15% pada hotel deluxe dan hotel peringkat pertama (first class). Jasa pelayanan pada hotel peringkat selanjutnya adalah 10%.

Pada musim haji, harga hotel di Makkah dan Madinah meningkat menjadi dua kali lipat dari harga normal. Peringkat hotel di Arab Saudi: Deluxe, First Class A dan B, Second-Class A dan B, dan Third-Class A dan B.

Binatu
Sejumlah tempat penginapan atau pemondokan haji di Arab Saudi menyediakan jasa binatu. Bagi jamaah haji yang tidak mencuci baju sendiri, fasilitas ini dapat dimanfaatkan dengan harga terjangkau. Jasa binatu selalu tersedia di hotel berbintang.

Redaktur: Chairul Akhmad
Reporter: Hannan Putra