Inilah Tempat Kuliner Khas Indonesia di Tanah Suci (1)

27 September 2012 | Kategori: Pernik

Jamaah haji berbelanja makanan khas Indonesia di dekat pemondokannya di Makkah. (Republika/Muhammad Subarkah)

REPUBLIKA.CO.ID, Setelah rangkaian kegiatan ibadah haji rampung dan wisata ziarah selesai dilakukan, tidak ada salahnya para jamaah haji dan umrah merasakan pengalaman baru dari sudut Tanah Suci yang lain.

Selain terkenal dengan situs- situs sucinya, bagi masyarakat Indonesia, Saudi Arabia juga penuh dengan wisata kuliner ala Indonesia. Inilah lokasi-lokasi wisata kuliner yang dapat memanjakan lidah para jamaah haji dan umrah. Tempat-tempat wisata kuliner tersebut antara lain:

A.  Bakso Mang Oedin

Bakso Mang Oedin berada di Jeddah dan Makkah. Di Makkah, tempat makan ini berlokasi di di samping Masjidil Haram. Sekali mampir ke tempat ini, jamaah haji akan teringat dengan cita rasa khas masakan Indonesia.

Sesuai namanya, menu utama yang dijual di Bakso Mang Oedin adalah bakso. Harga setiap porsi adalah 10 riyal. Jika tidak mempunyai uang riyal, uang rupiah pun bisa digunakan untuk membayar.

B.  Bakso Si Doel Anak Madinah

Bakso Si Doel Anak Madinah menyajikan menu bakso yang lebih beragam ketimbang Bakso Mang Oedin. Meski menawarkan masakan lain dalam daftar menunya, namun bakso agaknya menjadi menu andalan restoran ini. Baksonya dalam berbagai cita rasa, seperti bakso jawa, bakso khas Solo, dan bakso Doel bisa dinikmati di tempat ini. Selain itu, makanan khas Indonesia yang lain juga bisa dicicipi, seperti soto betawi, sop buntut, rawon Surabaya, pecel Madiun, dan sayur lodeh. Restoran Si Doel Anak Madinah menghadap lurus ke arah Masjid Nabawi.

C. Restoran Indonesia

Restoran ini terkenal sebagai restoran spesial masakan ayam. Aneka ragam masakan ayam goreng, ayam bakar, dan ayam penyet disajikan secara istimewa di restoran ini. Ada juga masakan lain seperti nasi kambing dan daging sapi khas Arab. Untuk bisa menikmati masakan di restoran ini, kita harus merogoh saku agak dalam. Harga masakan rata-rata mencapai 15 riyal.

Restoran Indonesia buka setiap hari, baik ketika musim haji maupun tidak. Lokasi restoran terletak di Kakiyah, berdekatan dengan pasar hewan.

Editor: Dewi Mardiani
Reporter: Hannan Putra
Sumber : Panduan Super Lengkap Haji & Umrah, Oleh Aguk Irawan MN