Letak Geografis Kota Makkah

30 July 2012 | Kategori: Pernik

Tanah Suci Makkah, Arab Saudi. Foto: constructionweekonline.com.

REPUBLIKA.CO.ID – Makkah terletak di sebelah barat jazirah Arab dan Najed, kota ini (dimasukkan) dalam wilayah Tuhamah, sebelah utaranya terdapat Kota Madinah Al-Munawarah. Sedangkan sebelah timurnya Kota Najed dan Riyadh, sebelah Yaman.

Dari sebelah barat Kota Jeddah, kota ini berada dalam ketinggian ± 330 m dari permukaan laut. Dan jarak antara Kota Makkah dan Jeddah setelah pembuatan jalan baru sekitar 60 km, sedangkan dengan Madinah kalau melewati jalan hijrah sekitar 445 km.

Makkah terletak antara dua gunung sehingga bangunan yang ada di kota ini kalau dilihat dari jauh tidak akan kelihatan. Dua gunung tersebut adalah Gunung Falaq atau Falah yang terletak di sebelah Makkah dan memanjang ke arah Barat. Gunung Quai Quan yang tingginya hampir sama dengan gunung Hindi, Luk-luk dan Kaddi.

Makkah adalah kota yang sangat strategis yang mana selama kurang lebih 2500 tahun sebelum Masehi merupakan tempat pemberhentian kafilah dari negeri Yaman dan Syam (Suriah) Palestina dan Libanon. Di kota ini terdapat tiga jalan yang menjadikannya bertambah bermakna dan penting yaitu jalan Yaman, jalan Palestina dan jalan Laut Merah.

Luas kota ini mencapai 4800 hektar lebih, dengan jumlah penduduk 600.000 orang lebih. Suhu udara yang ada di Makkah adalah kering dan panas hal ini karena disebabkan gunung-gunung dan tanah yang berbatu telah mengelilingi kota ini.

Sehingga menghalangi angin yang datang dari sebelah utara, dan memantulkan sinar matahari yang menambah panasnya suhu udara. Sedangkan udara sangat panas sekali di bulan Juli, Agustus dan September, dan hujan turun di bulan Januari itu pun tidak deras dan tidak sering.

Redaktur: Chairul Akhmad
Reporter: Hannan Putra