Kumpulan Hadis-Hadis Keutamaan Shalat di Masjidil Haram (1)

8 June 2012 | Kategori: Tempat Ibadah

Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi. Foto: AP.

REPUBLIKA.CO.ID – Banyak sekali riwayat yang menyebutkan keutamaan shalat di Masjidil Haram, Masjid Nabawi, dan Masjidil Aqsha di Palestina. Ketiga Masjid tersebut adalah tempat suci umat Islam dan dianjurkan untuk berziarah mengunjunginya.

Riwayat dari Abu Hurairah RA mengatakan, Nabi SAW bersabda, “Satu kali shalat di masjidku (Masjid Nabawi) ini lebih baik daripada seribu kali shalat di tempat lain, kecuali Masjidil Haram.” (HR. Bukhari: 11/136).

Dan di dalam Shahih Muslim disebutkan bahwa Sufyan bin Uyainah meriwayatkan dari Az-Zuhri dari Said bin Musayyib dari Abi Hurairah RA yang menyampaikannya kepada Nabi SAW beliau bersabda, “Satu kali shalat di masjidku ini lebih utama daripada seribu kali shalat di tempat lain, selain Masjidil Haram.” (HR. Muslim: IV/124).

Ma’mar menceritakan dari Az-Zuhri dari Said bin Musayyib dari Abi Hurairah RA bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Satu kali shalat di masjidku ini lebih baik daripada seribu kali shalat di masjid-masjid yang lain, kecuali Masjidil Haram.” (HR. Muslim: IV/124).

Diceritakan juga dari Abu Hurairah, “Satu kali shalat di masjid Rasulullah SAW itu lebih utama daripada seribu kali shalat di masjid-masjid lain, kecuali Masjidil Haram, sebab Rasulullah adalah nabi yang terakhir dan masjid beliau adalah masjid yang terakhir.”

Abu Salamah dan Abu Abdillah berkata, “Kami tidak meragukan bahwa Abu Hurairah adalah orang yang (banyak/ bercerita tentang hadis Rasulullah SAW sehingga hal itu menghalangi kami untuk berististbat (menuntut kepastian) kepada Abu Hurairah mengenai hadis itu, sampai akhirnya dia wafat.

“Kami jadi saling mengingatkan akan hal itu, bahkan saling menyalahkan karena kami belum pernah berbicara kepada Abu Hurairah mengenai hal itu, sehingga dia mengunakannya kepada Rasulullah SAW untuk meyakinkan bahwa hadis itu berisnad kepada Nabi SAW.

“Maka kami menuturkan hadis itu berikut nash Abu Hurairah kepada Abdullah bin Ibrahim bin Qaridh. Lalu Abdullah bin Ibrahim berkata kepada kami, “Aku bersaksi bahwa aku telah mendengar Abu Hurairah berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya aku adalah nabi yang terakhir dan masjidku adalah masjid yang terakhir.” (HR. Muslim: IV/124).

Atha’ meriwayatkan dari Jabir, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Satu kali shalat di masjidku lebih utama daripada seribu kali shalat di tempat lain, selain Masjidil Haram. Sedangkan satu kali shalat di Masjidil Haram itu lebih utama daripada seratus ribu kali shalat di tempat lain.” (HR. Ibnu Majah: 1/450).

Ibnu Majah mengatakan bahwa nash (teks) inilah yang kini diyakini validitas dan kesahihannya oleh para ulama, dan tidak ada kontradiksi antara hadis ini dengan hadis sebelumnya.

Redaktur: Chairul Akhmad
Reporter: Hannan Putra
Sumber: Menguak Misteri Tempat-tempat Suci, Keutamaan Kota Makkah, oleh Atiq bin Ghaits Al-Biladi